Mengatasi CPU Panas Saat Menonton YouTube

Mengatasi CPU Panas Saat Menonton YouTube

Pernahkah kamu mengalami saat kamu menonton video di YouTube menggunakan komputer (desktop/laptop/netbook) CPU kamu mendadak panas dan berisik? Itu karena Chrome menggunakan VP9 daripada H264.

Sebagai informasi, YouTube saat ini menyimpan video dalam bentuk VP9 dan H264. VP9 adalah video codec milik Google yang bersifat gratis dan H264 adalah video codec milik MPEG yang tidak gratis. Kami menduga bahwa Google berusaha menghindari membayar lisensi dengan membuat Chrome lebih memilih VP9 daripada H264.

Alasan ini masuk akal, namun sayangnya saat ini belum banyak komputer (desktop/laptop/netbook) yang memiliki decoder hardware VP9. Kebanyakan komputer saat ini baru memiliki decoder hardware H264. Alhasil saat Chrome memilih VP9, Chrome akan menggunakan decoder software VP9 yang bekerja berdasarkan CPU. Inilah yang menyebabkan panasnya CPU kamu.

Lalu bagaimana caranya memaksa Chrome menggunakan H264?

Mudah, gunakan ektensi H264ify.

Ektensi ini akan memaksa Chrome menggunakan H264 daripada VP9. Untuk membuktikannya kunjungi https://www.youtube.com/html5 dan pastikan VP8/VP9 sudah non aktif seperti gambar dibawah ini:

Trik ini hanya berlaku jika komputer kamu sudah memiliki decoder hardware H264. Apabila belum, maka trik ini akan sia-sia saja karena Chrome akan kembali menggunakan CPU sebagai decodernya. Gampangannya, jika kamu memiliki komputer yang dibeli mulai tahun 2010 ke atas, maka ada kemungkinan kamu sudah memiliki decoder hardware H264.

Tinggalkan komentar