Indonesia merupakan negara yang memilìki kekayaan alam dan terkenal akan keanekaragamannya. Beragam suku, ras, agama, dan budaya ada di Indonesia. Maka dari itu, ‘Bhinneka Tunggal Ika’ diambil sebagai semboyan negara.

Pada kesempatan kali ini, Anda akan mengetahui berbagai ras yang ada di Tanah Air beserta ciri dan penyebarannya. Ras merupakan penggolongan orang di bumi dengan melihat karakteristik umum yang dimiliki. Kata ras sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya asal.

Ciri Ras di Indonesia

Ketika duduk di bangku sekolah, Anda pasti sudah pernah mempelajari berbagai ras yang ada di Indonesia. Namun, apakah Anda sudah mengenal berbagai ras tersebut beserta ciri-cirinya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Ras Papua Melanesia

Ras Papua Melanesia
Ras Papua Melanesia

Pertama, Indonesia memiliki penduduk dengan ras Papua Melanesia. Ciri-ciri ras ini adalah berkulit hitam, berambut keriting, berbadan kekar, hidung mancung, dan memiliki bibir yang tebal. Sebagai informasi, ras ini sudah mendiami Indonesia sebelum nenek moyang bangsa Indonesia datang.

2. Ras Veddoid

Selanjutnya, ada golongan Veddoid. Ras ini memiliki ciri berupa kulit sawo matang, rambut berombak, dan berperawakan kecil. Biasanya, orang-orang dari ras ini memiliki tinggi antara 153 – 158 cm untuk laki-laki.

Dibandingkan dengan ras Papua Melanesia, kaum Veddoid memiliki hidung yang lebih pesek dengan dagu mencekung. Mulut mereka juga cukup besar dan memiliki bibir yang tipis. Selain itu, kaum ini memiliki tengkorang yang kecil.

3. Ras Melayu Tua (Proto Melayu)

Ras selanjutnya adalah Proto Melayu atau Melayu Tua. Ras yang satu ini kerap disebut sebagai nenek moyang bangsa Indonesia. Meskipun begitu, ternyata ras ini tersebar di beberapa negara. Ciri-ciri ras Melayu Tua adalah sebagai berikut:

Ras Proto Melayu
Ras Proto Melayu
  1. Memiliki kulit berwarna sawo matang
  2. Bentuk muka cenderung bulat
  3. Hidung lebar
  4. Berbadan tinggi dan ramping
  5. Memiliki rambut lurus atau ikal
  6. Membawa kebudayaan neolitikum
  7. Memiliki paham dinamisme dan animisme

4. Ras Melayu Muda

Selain Melayu Tua, ada juga ras Melayu Muda atau Deutro Melayu. Ras yang satu ini termasuk dalam golongan Melayu Mongoloid. Ciri-ciri yang membedakan ras ini dengan ras lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Kulitnya sawo matang
  2. Memiliki badan yang tinggi dan ramping
  3. Rambutnya lurus berombak
  4. Tulang rahangnya lebih kecil daripada ras Melayu Tua
  5. Membawa kebudayaan zaman perunggu
  6. Sudah tidak menganut paham dinamisme dan animisme

5. Ras Lainnya

Selain ras-ras yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia juga dihuni oleh berbagai ras dari negara lain. Misalnya, orang-orang Jepang, Arab, Pakistan, Korea, India, dan Cina. Orang-orang Cina, Jepang, dan Korea dapat digolongkan dalam ras Mongoloid. Sementara Pakistan, India, dan Arab digolongkan dalam ras Kaukasoid.

Persebaran Ras di Indonesia

Setelah mengetahui ciri-cirinya, Anda perlu mengetahui persebarannya di Indonesia. Masing-masing ras menempati wilayah tersendiri, namun ada pula daerah yang ditempati beberapa ras tertentu. Agar tidak semakin penasaran, berikut daftar persebaran ras di Indonesia.

  1. Ras Papua Melanesia, tersebar di Kepulauan Aru dan Papua
  2. Ras Veddoid, tersebar di Pulau Muna (Suka Tomuna), Semenanjung Barat Daya Sulawesi (Suku Toala), Kepulauan Mentawai (Suku Tomuna), Jambi (Suku Kubu), dan sekitaran Danau Toba (Suku Gayo)
  3. Ras Melayu Tua, tersebar di Sulawesi Selatan (Suku Toraja), Lombok (Suku Sasak), Sumatera Utara (Suku Batak), Kalimantan Tengah (Suku Dayak), Kepulauan Nias (Suku Nias), dan Sumatera Utara (Suku Kubu)
  4. Ras Melayu Muda, tersebar di Pulau Jawa (Suku Jawa), Banjar (Suku Banjar), Sumatera Barat (Suku Minangkabau), Aceh (Suku Aceh), dan Makassar (Suku Bugis)

Berbagai ras yang ada di Indonesia dari Osrepublik.com diatas menjadikan masyarakat memiliki suku bangsa, agama, dan budaya yang beraneka ragam. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, tentu saja Anda harus menghargai dan menghormati berbagai perbedaan yang ada.