Dampak pandemi memang masih terasa di penghujung tahun 2020 ini. Pemerintah Indonesia pun masih berkomitmen untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. Salah satunya adalah program token listrik gratis yang dikeluarkan oleh PLN.

Sampai bulan Desember ini, PLN masih memberikan token listrik gratis untuk pengguna yang mendapat subsidi ataupun tidak. Tentu saja, besarnya token listrik gratis yang diberikan PLN berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara klaimnya?

Siapa yang Bisa Dapat Token Gratis?

Tidak semua pelanggan PLN bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah ini. Pelanggan yang bisa mendapatkan layanan ini harus tergolong masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah. Ada 3 golongan yang bisa menikmati token listrik gratis dari PLN yaitu:

Token Listrik Pln Gratis
Token Listrik Pln Gratis

1. Semua Pengguna Listrik 450 VA

Daya listrik yang disediakan oleh PLN paling kecil untuk kebutuhan rumah tangga adalah 450 VA. Bagi pelanggan yang menggunakan layanan listrik pascabayar, semua yang menggunakan daya 450 VA diberikan bantuan full gratis.

Sedangkan bagi pelanggan pascabayar 450 VA, Anda akan diberikan token sejumlah pemakaian rata-rata selama 3 bulan terakhir. Token ini harus diklaim dulu ke pihak PLN. Hal inilah yang membuat besarnya token gratis masing-masing rumah tangga berbeda.

2. Pelanggan 900 VA (Subsidi)

Pelanggan listrik yang menggunakan daya 900 VA ternyata dibagi menjadi 2 jenis. Kelompok pertama adalah pelanggan biasa/reguler. Sedangkan kelompok satunya adalah golongan subsidi. Bagaimana cara membedakannya?

Jika Anda menggunakan daya listrik ini, lihat pada bagian meterannya. Biasanya dekat dengan nomor induk PLN ada kode (M) bagi golongan subsidi. Jika ID PLN Anda tak disertai kode (M), maka Anda termasuk golongan 900 VA reguler.

Token gratis yang diberikan untuk golongan 900 VA subsidi ini sebesar 50%. Perhitungannya sama dengan golongan 450 VA yaitu rata-rata pemakaian 3 bulan terakhir. Misalnya Anda menggunakan 50 kWh, maka Anda akan mendapatkan gratis 25 kWh perbulan.

3. Pelaku Bisnis Kecil (UMKM)

Bagi Anda yang punya usaha kecil UMKM, maka Anda juga bisa mendapatkan subsidi listrik dari PLN. Token gratis ini berlaku untuk kode pelanggan B1 (bisnis skala kecil). Ada juga kategori I1 yaitu industri skala kecil dengan daya 450 VA.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Apakah Anda belum yakin akan dapat gratis token listrik dari PLN? Daripada Anda bingung, Anda bisa memastikannya langsung dengan pihak PLN. Langkah ini sekaligus klaim token tersebut. Jika memang Anda termasuk golongan masyarakat yang berkah. Bagaimana caranya?

Input Nomor Idpel Pln
Input Nomor Idpel Pln

Website Resmi PLN

  • Kunjungi website resmi PLN di pln.go.id.
  • Kemudian pilih menu “Pelanggan”.
  • Lanjutkan dengan klik “Stimulus COVID-19”.
  • Ada juga cara instan dengan mengetikkan “stimulus.pln.co.id” pada address bar browser Anda.
  • Cobalah masukkan ID pelanggan Anda dan juga nomor meteran.
  • Jika Anda berhak, maka akan muncul tampilan kode token dan jumlah kWh yang didapatkan.
  • Jika Anda tidak termasuk kategori subsidi PLN, maka akan pesan berikut:

Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

stimulus.pln.co.id

Via Nomor WA PLN

Jika Anda tidak begitu paham dengan website PLN, Anda bisa menggunakan opsi kedua ini. Anda bisa chat langsung dengan layanan Customer Service PLN khusus untuk stimulasi COVID-19 via WhatsApp Message. Bagaimana caranya?

  • Save kontak PLN dengan nomor WA 08122123123.
  • WA Message ini adalah sistem bot. Jadi Anda akan langsung diarahkan otomatis untuk menjawab beberapa pertanyaan.
  • Anda akan diminta untuk mengetikkan ID pelanggan PLN.
  • Kemudian bot ini akan mengirimkan kode token yang bisa input ke meteran listrik.
  • Jika kode token tak ditemukan, maka Anda dinyatakan tidak berhak atau sudah diklaim sebelumnya.

Sampai Kapan Subsidi Diberikan?

Ternyata subsidi baik berupa token gratis, listrik gratis, atau token 50% ini hanya berlaku sampai bulan Desember 2020 ini. Jadi tahun depan, kemungkinan semua pelanggan listrik PLN harus kembali membayar dengan harga normal.

Tapi keputusan ini belum final. Pihak PLN juga masih menunggu instruksi langsung dari pemerintah. Jika nantinya program stimulus listrik ini akan diperpanjang, maka pelanggan PLN yang berhak bisa mendapatkan diskon kembali.

Bagaimana Jika Anda Minim Akses Internet?

Seperti yang Anda tahu, kedua cara untuk klaim token gratis di atas butuh koneksi internet. Tapi tak semua orang bisa mendapatkan akses internet dengan baik. Jika kerabat atau Anda sendiri tidak bisa menjangkau internet, maka masih ada cara untuk klaim token gratis PLN yaitu:

  1. Datanglah ke kantor desa atau ke rumah perangkat desa terdekat. Kemudian katakan bahwa Anda mendapatkan token listrik gratis, tapi tak bisa klaim karena tak ada internet. Petugas desa akan memintakan token Anda tiap bulannya.
  2. Jika masih ada sambungan telepon, Anda bisa menghubungi CS PLN di nomor 123.
  3. Langkah terakhir, datang ke kantor PLN terdekat dan tunjukkan ID pelanggan Anda.

Bulan Desember jadi kemungkinan terakhir Anda mendapatkan token gratis PLN. Sebaiknya Anda segera klaim token tersebut. Jangan sampai lupa hingga akhir bulan.

Write A Comment