Cara Membuat OpenID dan Mendelegasikannya ke Domain Kita

Bagi kalangan blogger, OpenID sering dimanfaatkan untuk membuat backlink. Hanya saja backlink tersebut tidak mengarah ke domain TLD kita melainkan ke profile Google, alamat blogspot atau alamat WordPress. Tahukah kamu bahwa kamu bisa membuat OpenID mengarah ke domain TLD kita? Berikut adalah caranya:

OpenID adalah sebuah standar pengenalan identitas yang fungsinya kurang lebih sama seperti tombol login Facebook atau tombol login Twitter yang sering kita jumpai di berbagai website.

Trik mengarahkan OpenID ke domain TLD adalah dengan mendelegasikan akun OpenID WordPress.com ke domain TLD kita. Mengapa harus WordPress.com? Karena WordPress.com mengijinkan kita menulis nama domain kita sehingga secara SEO akan jauh lebih baik. Oleh karena itu buat lah akun di WordPress.com jika kamu belum memilikinya.

 

Cara Mendelegasikan OpenID WordPress.com ke Domain TLD

1. Login ke WordPress.com

2. Pilih My Sites, pilih salah satu blog mu (bebas) atau bikinlah satu jika kamu belum memilikinya.

3. Pilih WP Admin

4. Pilih Settings > OpenID

openid1

 

5. Masukkan domain TLD mu, misal domaingua.com, lalu klik tombol Add Site

openid2b

 

6. PENTING: Ingat-ingat alamat lengkap OpenID mu (dalam contoh ini https://onnet.wordpress.com)

openid3

 

7. Sekarang masuklah ke website mu, lalu tambahkan dua baris ini pada bagian header:

<link rel="openid.server" href="https://onnet.wordpress.com/?openidserver=1" />
<link rel="openid.delegate" href="https://onnet.wordpress.com" />

PENTING: OpenID hanya mengenal absolute URL. Oleh karena itu jika kamu memakai plugin Relative URL, non aktifkan plugin tersebut dan jika kamu memakai plugin CloudFlare, maka pilih Off pada bagian HTTPS Protocol Rewriting.

Jika kamu menggunakan CMS WordPress, kami sarankan edit tema pada header.php atau pakai saja plugin Insert Headers and Footer

 

8. Selamat! Kini domaingua.com telah mendapatkan OpenID yang berasal dari https://onnet.wordpress.com Kini kamu dapat menggunakan domaingua.com sebagai OpenID kamu!

9. Jika kamu ingin menggunakan domain TLD mu sebagai OpenID kamu harus selalu login ke WordPress.com, karena kalau tidak akan muncul pesan seperti ini:

needlogin

10. Setelah kamu selesai menulis komentar, memilih OpenID, menulis url domain TLD kamu, lalu menekan tombol Publish, kamu akan dihadapkan pada halaman ini:

gantinamadua

Gantilah nickname kamu dengan nama domain TLD kamu, bisa Domain Gua atau domaingua.com, kami sarankan Domain Gua karena secara SEO lebih baik. Setelah itu kamu bebas memilih Yes, just this time, atau Yes, always. 🙂

 

 

Cover photo credit by Flazingo

6 comments

  1. Ary Anshorie Reply

    sayangnya wordpress meniadakan fitur Openid untuk blog wordpres yang dibuat setelah tanggal 1 februari 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *