Belajar bahasa asing bukan hal gampang. Akan tetapi, juga bukan sesuatu yang sulit. Salah satunya bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa dari Negeri Matahari Terbit ini, Anda juga perlu mempelajari huruf-hurufnya. Misalnya, hiragana, katakana, kanji serta romaji.

Anda juga harus mampu mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan baik dan benar. Berikutnya Anda bisa memulai belajar bahasa asing tersebut dengan beberapa kalimat perkenalan maupun ucapan sapaan. Pelajarilah hal-hal yang gampang terlebih dahulu.

Mengenal Huruf-Huruf Jepang

Bahasa Jepang memiliki keunikan tersendiri ketimbang bahasa asing lainnya. Bahasa ini tidak menggunakan huruf latin seperti halnya bahasa lain sebagai bahasa tulisan. Alih-alih menggunakan bahasa latin, justru memakai huruf hiragana, katakana, kanji dan romaji.

1. Hiragana

Hiragana menjadi huruf Jepang yang paling banyak dipergunakan untuk kegiatan harian. Umumnya hiragana dipakai untuk menuliskan kata Jepang yang tidak mempunyai kanji. Selain itu, hiragana juga dipakai guna penulisan partikel. Contoh penulisan huruf hiragana di antaranya sebagai berikut:

  • Nisemono = にせもの (barang imitasi, palsu atau tiruan).
  • Nusubito = ぬすびと (maling atau pencuri).
  • Norimono = のりもの (alat transportasi atau kendaraan).

2. Katakana

Katakana merupakan huruf kedua bahasa Jepang yang sering dipakai. Huruf ini dipakai guna menuliskan kata-kata serapan bahasa asing ke dalam bahasa Jepang. Selain itu, katakana juga dipakai sebagai kata penekanan seperti halnya huruf kapital. Bahkan nama perusahaan Jepang juga ditulis dengan katakana.

  • Aisukuriimu = アイスクリイム (es krim).
  • Inchi = インチ (inchi).
  • Uiikuendo = ウイイクエンド (akhir pekan).

3. Kanji

Kanji merupakan ideogram guna menggambarkan arti dari tiap-tiap ujaran. Huruf ini berbentuk mirip dengan mandarin sehingga terlihat begitu familiar. Biasanya penulisan kanji akan diikuti oleh huruf hiragana. Huruf hiragana kecil di bagian atas disebut furigana dan di bagian belakang bernama okurigana. Berikut beberapa contoh huruf kanji yang cukup populer:

Kanji Bahasa Jepang 1
Kanji Bahasa Jepang 1
Kanji Bahasa Jepang 2
Kanji Bahasa Jepang 2

4. Romaji

Huruf ini lebih akrab disebut sebagai huruf latin. Huruf ini merupakan teknik baca atau pelafalan dari katakana maupun hiragana. Biasanya romaji ini akan ditulis pada bagian bawah maupun sisi huruf hiragana dan katakana.

Macam-Macam Perkenalan Bahasa Jepang

Tidak hanya mengetahui macam-macam hurufnya saja, dalam rangka ingin mempelajari bahasa Jepang, maka Anda perlu memahami bagaimana cara perkenalan yang baik menggunakan bahasa tersebut. Sebagai pemula yang ingin belajar bahasa Jepang, maka berikut ini merupakan perkenalan bahasa Jepang.

Pengucapan Hajimemashite

Ini adalah frasa dalam bahasa Jepang yang bisa Anda ucapkan sebelum memulai perkenalan. Hajimemashite bermakna senang bertemu denganmu atau juga bisa diartikan ajakan untuk menjalin pertemanan. 

Pengucapan Salam

Jangan lupa berikutnya Anda bisa mengucapkan salam dengan melihat waktu. Pengucapan salam dalam bahasa Jepang terbagi menjadi tiga waktu yakni ohayou gozaimasu (selamat pagi), konnichiwa (selamat siang) dan konbanwa (selamat petang atau malam).

Lanjutkan Perkenalan Diri

Setelah mengucapkan sapaan dan salam, maka berikutnya cobalah langsung melanjutkan dengan perkenalan diri. Berikan perkenalan berupa nama lengkap maupun nama panggilan. Sesuaikan dengan kebutuhan. Bagaimana caranya?

  • Watashi no namae wa Minashita Sana desu (nama saya Minashita Sana).
  • Watashi no namae wa Sana tomoshimasu (nama panggilan saya Sana).

Lakukan Perkenalan Lebih Lengkap

Setelah mengucapkan nama lengkap maupun nama panggilan, berikutnya Anda dapat melakukan perkenalan lebih lengkap. Contohnya dengan menjelaskan asal dan umur Anda. Coba jelaskan dengan dua kalimat berikut:

  • Watashi wa Indonesia jin desu (saya orang Indonesia).
  • Watashi wa juugosai desu (saya berumur 15 tahun).

Akhiri Perkenalan

Setelah mengucapkan nama dengan perkenalan lebih lengkap, selanjutnya Anda bisa langsung mengakhiri sesi perkenalan. Gunakanlah frasa ‘yoroshiku onegaishimasu’ yang mempunyai arti bersikaplah secara baik kepada saya.

Website Rekomendasi untuk Belajar Bahasa Jepang

Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang
Manfaatkan portal online untuk belajar Bahasa Jepang

Cara mudah untuk mempelajari bahasa Jepang bisa Anda lakukan dengan mengakses beberapa website. Tentunya pembelajaran tersebut akan terasa kian praktis dan memudahkan Anda. Terlebih, Anda bisa mengaksesnya dimana dan kapan saja. Berikut list websitenya:

NHK World Japan

Pada halaman website ini Anda bisa menemukan banyak materi bahasa Jepang. Penyajiannya bisa dilakukan menggunakan buku digital sekaligus audio guna memudahkan Anda. Menariknya, Anda juga bisa mengunduhnya langsung.

Japanese-Online.com

Di laman website ini Anda akan mempelajari 6 materi utama bahasa Jepang. Materi tersebut di antaranya angka dan bilangan, karakter Jepang, deskripsi dan kata sifat, kata kerja, konjugasi, gaya bicara sopan dan kasual.

Kamus Belajar Bahasa Jepang

Halaman website ini memiliki tampilan yang user friendly sehingga Anda bisa mudah memahaminya. Anda bisa menemukan berbagai macam kosa kata per abjad yang bisa membantu menciptakan sebuah kalimat bahasa Jepang dengan benar.

Untuk bisa berbahasa Jepang, maka Anda perlu rajin dan tekun mempelajarinya. Jangan lupa rutin mempraktikkannya sehingga ilmu bahasa Anda senantiasa terus terpakai dan tidak luntur begitu saja. Pahami juga huruf-huruf dalam bahasa tersebut seperti hiragana, kanji, katakana dan romaji.

Write A Comment